Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Direction

Menu Style

Cpanel

Prof. Dr. Ir. H. Koesmawan, M.Sc, MBA, DBA

Koesmawan Pria bersahaja kelahiran Garut, 14 Juli 1952, merupakan guru besar, di Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Ahmad Dahlan Jakarta yang juga dikenal sebagai sosok pemikir yang selalu optimis termasuk dalam memandang persoalan masa depan bangsa, menjalani keseharian hidupnya dengan penuh kesederhanaan. Malah ia terkesan begitu santai. Ayah lima orang anak sekaligus kakek dua orang cucu, ini tak perlu merasa risau manakala tinggal seorang diri di Jakarta, sementara keluarga menetap di Bandung. Istrinya, Dra Ellya Merliana, MM sehari-hari berkarir sebagai dosen di Universitas Pasundan (Unpas), Bandung.

Perjalanan karier Koesmawan tergolong unik. Menyandang gelar insinyur, ia seorang sarjana teknik industri lulusan ITB Bandung tahun 1976, sekaligus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah bekerja sebagai Asisten Konsep Teknologi ITB tahun 1974-1976. Dari ITB pula ia menyelesaikan S-2 tahun 1987, meraih gelar M.Sc pada Bidang Magister Teknik dan Manajemen Industri.

Dua gelar lain S-2, MBA Bidang Industrialisasi (tahun 1987) dan DBA Bidang International Marketing (tahun 1996), ia raih dari kampus sama Maastricht School of Management, Belanda. Gelar doktor ia raih tahun 1996, pada Bidang Manajemen Alih Teknologi, Fakultas Manajemen Universitas Twente, juga di Negeri Belanda.

Koesmawan pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi lain, seperti di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Trisakti dan beberapa perguruan tinggi lain. Ia juga pernah bekerja sebagai Tenaga Lepas Peneliti di BPPT (1979-1980), dan sebagai konsultan di beberapa perusahaan konsultan swasta. Koesmawan adalah anggota sejumlah organisasi profesi di dalam dan luar negeri.

Sebagai PNS, dalam jabatan struktural ia lebih banyak mengurusi perguruan tinggi swasta, di Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III yang mencakup DKI Jakarta.

 

DIREKTORI KHUSUS